Intip Bagaimana Cara Mencegah Penyakit TBC

Intip Bagaimana Cara Mencegah Penyakit TBC

moradadafloresta.org – TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat merusak jaringan paru-paru. Namun ada kemungkinan untuk menyerang bagian tubuh lainnya, seperti tulang, sendi, ginjal, kelenjar getah bening, otak, dan organ reproduksi. 

Apabila penderita penyakit ini sedang batuk atau bersin, ada sekitar 3.000 kuman yang menyebar ke udara. Dari situlah TBC dapat ditularkan ke orang lain. Karena proses penularannya terbilang cukup cepat, penderitanya pun hampir seperempat populasi dunia dengan jumlah kematian mencapai 10 juta jiwa di tahun 2018. 

Pencegahan penyakit TBC

Karena tuberkulosis dapat mematikan, alangkah lebih baiknya jika bisa melakukan upaya pencegahan. Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit TBC, yuk simak ulasan di bawah ini : 

1. Vaksin BCG

Vaksin dari penyakit ini dinamakan Bacillus Calmette-Guerin (BCG). Kinerja dari vaksin dapat bertahan hingga seseorang berusia 35 tahun, dengan catatan tidak terdapat penderita di lingkungan sekitar. 

2. Tingkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang bagus dapat mencegah adanya virus dan bakteri masuk ke tubuh. Upayakan untuk makan sayuran setidaknya empat sampai lima porsi dan buah-buahan. Minum vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, perbanyak makan makanan yang mengandung banyak protein, karena dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan pembentukan sel. 

3. Olahraga teratur

Biasakan pola hidup sehat dengan berolahraga setiap hari atau seminggu sekali. Apabila tidak bisa melakukan olahraga berat, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau jogging secara teratur setidaknya selama 45 menit. 

4. Mencari tempat tinggal dengan lingkungan baik 

TBC rentan untuk ditularkan kepada orang lain apalagi jika berada pada satu wilayah, karena droplet penularannya melalui udara. Pilihlah lingkungan dengan tingkat kebersihan yang baik. Di samping itu, Anda dapat membuat sistem sirkulasi udara yang bagus. Pertahankan juga pencahayaan matahari karena sinar UV bisa membunuh bakteri tersebut. 

5. Diagnosis sejak dini

Diagnosis sejak dini bisa mengurangi risiko kematian, karena pengobatannya pun bisa dilakukan sebelum semakin parah. Selain itu, Anda bisa melindungi orang sekitar dari risiko penularannya. Oleh karena itu sering-seringlah melakukan pemeriksaan dokter untuk mengetahui perkembangan kesehatan Anda. 

6. Menghindari kontak langsung

Kontak langsung dengan penderita TBC bisa meningkatkan risiko penularan, sehingga hindarilah kontak langsung. Gunakanlah masker dan sarung tangan. Saat Anda menggunakan masker, gantilah dengan rutin. Jangan lupa untuk menghindari tempat ramai.

7. Biasakan kebiasaan sehat

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap kali selesai beraktivitas diluar atau di tempat ramai. Apabila batuk atau bersin, upayakan untuk menutup mulut dan hidung. Kebiasaan tersebut bisa membantu mengurangi penularan. 

8. Konsumsi makanan bergizi

Jangan diet karbohidrat untuk mengurangi angka penularan. Konsumsilah makanan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin agar sistem imun semakin baik. 

Baca Juga : Cara Print Screen Di Laptop Dengan Mudah Serta Praktis

Nah, sudah terjawab bagaimana cara mencegah penyakit TBC, bukan? Sekarang saatnya menerapkan tips di atas. Semoga bermanfaat!

Tags: ,