Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi

moradadafloresta.org – Instalasi Sistem Operasi Windows pada perangkat komputer, memang berkesan merepotkan dan cukup menakutkan untuk kita lakukan secara mandiri. Hal ini didasari karena rasa takut akan kehilangan data-data penting, terutama pada saat salah dalam proses penginstalan. Hal ini memang menjadi resiko terbesar untuk para pelaku instalasi.

Disamping itu install ulang juga akan menghilangkan semua aplikasi yang ada di system C. Karena proses install ulang sama halnya dengan menghapus program sistem lama dan akan diganti atau diinstall dengan file system yang baru. Sehingga proses install ulang tidak hanya menyulitkan pengguna untuk proses penginstalannya saja. Tetapi juga untuk mengembalikan aplikasi software yang ada.

Cara Upgrade Windows 7 ke Windos 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi

Nah cara ini hampir sama dengan upgrade sistem operasi dari versi lama ke versi baru. Seperti halnya dalam proses upgrade windows 7 ke 10, yang hanya membutuhkan cara tertentu. Bisa dibilang lebih mudah untuk kita semua lakukan. Berbeda dengan konteks install ulang yang lebih ke proses penghapusan sistem dan kemudian diganti dengan yang baru.

Upgrade hanya membutuhkan pembaruan sistem lama ke sistem yang baru, tanpa menghapus file system sebelumnya. Lantas bagaimana cara mudah untuk mengupgrade system windows 7 menjadi windows 10 tanpa harus kehilangan software atau aplikasi sebelumnya? Untuk lebih jelasnya maka simak informasi yang telah kami sajikan berikut ini.

Proses upgrade sistem operasi windows 7 menjadi  windows 10 yang bisa Anda coba secara mandiri.

  1. Pertama-tama kita harus mendownload salah satu software sebagai pendukung upgrade, yakni “Creation Tool” melalui situs resmi Microsoft. Sebab software ini lah yang nantinya akan digunakan sebagai media utama update.
  2. Setelah terunduh ke perangkat media laptop atau PC, kemudian install software pada perangkat PC yang akan Anda upgrade. Proses installasi software tersebut cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengikuti instruksi install aplikasi sesuai prosedur.
  3. Sesudah berhasil terinstall dan telah terpasang di perangkat tersebut, selanjutnya buka aplikasi yang baru diinstall tadi (Creation Tool). Lalu terima syarat serta ketentuan lisensi pada aplikasi tersebut.
  4. Setelah Aplikasi berhasil terbuka, Anda hanya tinggal memilih opsi bagian “upgrade this PC now”. Kemudian tinggal tekan tombol next. Kemudian pada opsi baru pilih “keep personal file”.
  5. Pada tampilan tersebut kita hanya tinggal mengeklik tombol “install”, lalu tunggu proses hingga selesai. Namun sangat disarankan untuk menggunakan jaringan internet yang memiliki speed download tingg. Karena file download windows memiliki kapasitas yang cukup besar.
  6. Setelah sepenuhnya terdownload pada PC Anda, system secara otomatis akan melakukan upgrade ke windows 10. Disini Anda hanya tinggal menunggu sampai proses upgrade benar-benar selesai.
  7. Windows Anda kini telah benar-benar terupgrade ke windows 10, namun perlu diingat untuk memasukan pula aktifasi windows tersebut.

Baca Juga : Sikap Badan yang Benar pada Gerakan Kayang

Itulah tata cara upgrade windows 7 ke 10 tanpa harus kehilangan software atau aplikasi yang terinstall sebelumnya.