Cara Mengeluarkan Dahak dengan Bawang Putih dan Cara Lainnya

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Bawang Putih dan Cara Lainnya

moradadafloresta.org – Saat Anda menderita batuk maka akan terasa gatal tenggorokannya, karena disebabkan oleh dahak yang menempel. Terkadang bingung apa yang harus dilakukan untuk mengeluarkannya. Sehingga tak jarang Anda malah menjadi batuk secara terus menerus dengan sengaja agar dahak keluar mulut atau berdehem dengan kuat. 

Dahak merupakan respon tubuh ketika terdapat benda asing termasuk mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem tubuh. Maka untuk melindunginya mengeluarkan dahak sebagai lendir yang dikeluarkan otomatis di tenggorokan. Artikel kali ini salah satunya akan membahas mengenai cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih

Menerapkan Perawatan Pertama 

  1. Keluarkan dengan melakukan batuk. Cara yang mudah untuk anda lakukan adalah dengan batuk mengeluarkannya keluar dari mulut. Lakukan cara ini ketika Anda di kamar mandi. Jangan melakukan dengan keras karena bisa membahayakan nyawa Anda. 
  2. Melakukan kumur dengan air hangat dan garam. Campurkan garam ke  dalam air hangat kemudian aduk hingga rata. Berkumur dengan air tersebut tanpa menelannya di ujung tenggorokan. 
  3. Konsumsi air yang banyak. Beberapa minuman yang dapat Anda gunakan dalam cara ini adalah teh hangat yang telah dicampur dengan perasan lemon dan madu. Kandungan asam dalam lemon akan membantu mengencerkan lendir. 
  4. Lakukan dengan terapi uap. Biarkan uap hangat masuk dalam hidung dan tenggorokan anda agar lendir dapat dikeluarkan. Menggunakan alat pelembab ruangan, dengan alat ini maka udara lembab akan dipompakan ke ruangan Anda dan menciptakan kenyamanan bagi sistem pernapasan Anda. 
  5. Konsumsi obat yang dapat mencairkan lendir biasanya terdapat kandungannya dalam obat batuk. 

 

Menggunakan Obat Tradisional 

  1. Menggunakan bawang putih. Baunya dapat mengencerkan lendir yang menempel. Dapat Anda konsumsi dengan memakan langsung untuk orang dewasa. Namun bagi bayi, hancurkan sampai tidak bertekstur kemudian suapi sedikit-sedikit. Anda bisa menambahkan air agar mudah ditelan. 
  2. Mengoleskan minyak eukaliptus atau kayu putih. Caranya dengan mengoleskan minyak di tenggorokan atau dada atas. Gosok pada area yang telah diolesi tadi. Akan memberikan efek hangat setelah penggunaanya. 
  3. Larutkan kunyit dalam air. Tambahkan bubuk dari kunyit atau kunyit yang telah dihaluskan pada air. Kunyit memiliki fungsi sebagai antiseptik. Agar saluran pernapasan Anda tetap baik maka konsumsi ini. caranya campurkan satu sendok kunyit ke air 236 ml tambahkan madu sesuai keinginan. Ulangi cara ini dua kali sehari. 

 

Hindari Penyebabnya 

  1. Berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari kedelai dan susu. Kedua bahan ini dapat meningkatkan kekentalan lendir sehingga menumpuk di tenggorokan. 
  2. Jika penyebab lendir Anda adalah sakit, maka segera obati dengan mendatangi dokter terdekat. Periksakan dan segera konsumsi obat yang telah disarankan. Biasanya batuk atau flu yang dialami oleh Anda sehingga produksi lendir meningkat di bagian tenggorokan. 

Baca Juga : Menggunakan Google Translate Arab-Indonesia Untuk Pemula

Dari cara-cara di atas Anda bisa melakukan sendiri di rumah berikut dengan cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih bisa dipraktikan sendiri. 

Tags: ,